Cari Obat Sariawan Anak Yang Aman? Yuk Coba Bahan Alami!

Sariawan merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Di manapun letaknya entah di lidah, bibir atau gusi, terkena sariawan adalah satu penderitaan tersendiri. Rasa sakitnya bahkan menular hingga ke kepala dan sering kali menyebabkan rasa tak nyaman ketika menelan makanan. Coba bayangkan jika sariawan ini terjadi pada anak Anda. Pastinya kasihan sekali bukan melihat mereka kesakitan sehingga mengganggu makan dan minum. Bahkan, berbicara pun terasa sakit. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera pilih obat sariawan anak paling ampuh agar penyakit ini sembuh.

Bahan Alami Untuk Obat Sariawan Anak

Pengobatan yang dilakukan untuk anak kecil hendaknya diutamakan menggunakan bahan alami saja. Hal ini berguna untuk mengajari tubuhnya melakukan atau melawan sakit dengan antibodi yang dimilikinya, dan agar ia tidak mudah tergantung dengan obat-obatan. Bahan-bahan alami akan membantu meningkatkan ketahanan tubuh pada anak.

Berikut ini adalah beberapa obat sariawan dari bahan alami yang akan membantu anak mengatasi sakit sariawan yang dideritanya. Diantaranya adalah:

  1. Madu

Bahan makanan yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Madu mengandung nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu zat yang menyembuhkan sariawan adalah senyawa anti peradangan dan anti bakteri. Di samping itu, madu akan meningkatkan stamina anak sehingga sel-sel tubuhnya akan lebih sehat dan kuat untuk melawan bakteri yang menyerang.

  1. Air Garam

Obat sariawan anak yang selanjutnya adalah air garam. Anda bisa meminta anak untuk berkumur dengan air garam ini. Awalnya memang akan sakit sekali, anak akan merasakan perih ketika air garam menyentuh lokasi sariawan. Garam memiliki sifat anti radang untuk mencegah sariawan semakin membesar dan sifat anti bakteri untuk melawan bakteri yang ada di permukaan sariawan.

  1. Kelapa

Kelapa juga merupakan obat sariawan anak yang cukup manjur. Kelapa bisa mencegah peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Gunakan susu kelapa atau minyak kelapa untuk pengobatan sariawan. Anda bisa secara langsung mengoleskannya pada sariawan. Cara ini bisa diulangi 3 atau 4 kali sehari agar sariawan segera berkurang.

  1. Kantong Teh Bekas

Kantong teh bekas mampu menentralisir kondisi asam di sekitarnya karena ia bersifat basa. Anda bisa menempelkan kantong teh bekas di luka sariawan anak agar rasa sakitnya sedikit berkurang. Menempelkan kantong teh tidak perlu terlalu lama, cukup sekitar lima belas menit saja. Hal ini cukup untuk meredakan rasa sakit yang dialami anak. Di samping itu, daun teh diketahui memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan peradangan.

Sariawan merupakan efek dari lemahnya daya tahan tubuh anak. Selain itu, anak juga disinyalir mengalami kekurangan B12 atau asam folat. Jika anak Anda terkena sariawan, segera berikan asupan makanan kaya gizi untuk memenuhi kekurangan nutrisi dalam tubuhnya. Makanan ini juga akan meningkatkan kemampuannya melawan bakteri penyebab radang di sariawan.

Leave a Comment